100 Things Cubs Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Cubs Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

Ekonomi berikan dua contoh mengenai sistem ekonomi terpusat atau komando​

berikan dua contoh mengenai sistem ekonomi terpusat atau komando​

Jawaban:

-Korea Utara. Sistem ekonomi negara Korea Utara ini dimiliki dan juga dikelola oleh pihak pemerintah secara penuh. ...

-Cina. Cina mulai menerapkan sistem ekonomi terpusat saat berada di bawah kekuasaan Mao Zedong.

Penjelasan:

maaf kalau salah yaa:))

Negara-Negara yang Menerapkan Sistem Ekonomi Terpusat

Negara yang menerapkan sistem ekonomi terpusat biasanya memiliki sistem pemerintahan yang bersifat komunis. Berikut adalah 3 contoh negara yang menerapkan sistem ekonomi terpusat.

1. Korea Utara

Sistem ekonomi negara Korea Utara ini dimiliki dan juga dikelola oleh pihak pemerintah secara penuh. Hampir semua bidang usaha yang penting bagi kelangsungan hidup masyarakat dikendalikan oleh negara. Disini masyarakat hanya berperan sebagai pegawai atau karyawan saja.

Oleh karena itu, masyarakat Korea Utara sangatlah bergantung pada pemerintah dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Mulai dari makanan, rumah, serta pendidikan dan juga kesehatan. Keuangan di Korea Utara diprioritaskan untuk membiayai teknologi nuklir yang mereka kembangkan.

2:Cina

Cina mulai menerapkan sistem ekonomi terpusat saat berada di bawah kekuasaan Mao Zedong. Mereka meniru Uni Soviet dan partai komunis. Meskipun Cina sudah mulai melakukan reformasi ekonomi, namun pengaruh dari politik partai komunis masih sangat kental.

Namun, Cina sudah mengizinkan para pengusaha dalam mencari keuntungan. Akan tetapi tetap dengan aturan tertentu, yaitu tidak mengganggu kepentingan umum dan kekuasaan pemerintah.

3:Kuba

Kuba adalah negara selanjutnya yang menerapkan sistem ekonomi terpusat. Negara ini dipengaruhi oleh negara Spanyol saat masa pendudukan tentara sekutu. Saat Uni Soviet runtuh, negara ini mengalami krisis pangan. Hal itu terjadi karena Kuba sangat bergantung pada pasokan minyak, pangan, dan juga bahan pertanian lain.

Kemudian setelah itu, Kuba menerapkan perubahan di sektor ekonomi. Mulai dari pertanian, pendidikan, dan juga pemberdayaan masyarakat.

semoga bermanfaat -!

[answer.2.content]